Masaklah Ubi Hingga Matang Agar Tidak Banyak Gas di Perut

Posted by Ilfan Rifa'i On Sunday, November 4, 2012 0 comments
Masaklah Ubi Hingga Matang Agar Tidak Banyak Gas di Perut - Selama ini ada anggapan di masyarakat kalau terlalu banyak makan ubi bisa menyebabkan orang sering buang-buang angin. Hal ini ternyata tak sepenuhnya salah, karena jika ubi tidak dimasak hingga matang bisa menyebabkan banyak gas di perut.

"Yang penting dimasak sempurna, karena kalau ubi kurang matang bisa menyebabkan banyak gas di perut " ujar Prof dr Ahmad Sulaiman, saat berbincang dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada di Hotel Ibis.

Prof Ahmad menjelaskan di dalam ubi ada pati tertentu yang resisten, jadi kalau kurang matang enzim pencernaan yang ad di perut tidak mampu memecah pati ini menjadi glukosa. Hasilnya ia akan masuk usus besar dan diubah oleh mikroba yang ada di usus menjadi gas CO2.

Untuk itu jika seseorang tak ingin banyak gas di dalam perutnya setelah makan ubi, sebaiknya makanan ini dimasak dengan benar. Jika matang maka hal ini lebih baik, meski kadar vitamin B1 nya agak sedikit berkurang karena ia sensitif terhadap suhu panas.

Dahulu orang mengira banyaknya gas ini akibat kanfung oligosakarida seperti stakiosa arau rafinosa yang juga terdapat di dalam kedelai. Karena itu jika seseoeang terlalu banyak makan tempe, oligosakarida ini akan masuk dalam usus dan dicerna oleh prebiotik sehingga menghasilkan gas CO2.

"Makanya kemudian difermentasi menjadi tempe, proses ini bisa mengurangi kadar oligosakaridanya, asam amino lebih mudah dicerna dan vitaminnya bertambah karena pertumbuhan kapang," ungkapnya.

Untuk itu jika ingin mendapatkan manfat nutrisi yang baik, sebaiknya konsumsi makanan-makanan lokal dan mengolahnya dengan benar, sehingga lebih banyak vitamin serta mineral yang diperoleh.

Demikian yang bisa Note is Mine bagi dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : detikHealth

0 comments:

Post a Comment